Home » » Hiii... Ada Robot Laba-laba Berukuran Raksasa

Hiii... Ada Robot Laba-laba Berukuran Raksasa

Written By Unknown on Rabu, 24 April 2013 | 4/24/2013 04:06:00 PM


Mantis (vrzone)
Jakarta - Ada-ada saja yang dilakukan seorang animatronics asal kota Hampshire, Inggris, ini demi bersenang-senang. Inventor bernama Matt Denton tersebut membuat robot laba-laba seukuran alat berat.

Robot laba-laba berkaki enam yang diberi julukan Mantis tersebut pun dapat dikendarai dari dalam kokpit.

Namun bagi Matt, pemilik perusahaan animatronics MicroMagic, menciptakan Mantis bukanlah pekerjaan yang terbilang sulit. Mengingat dirinya sudah sering menciptakan robot animatronic dalam skala kecil.

Bedanya, selama ini Matt menciptakan robot yang digerakan dari luar, sedangkan kali ini dia menciptakan robot yang dapat dikendarainya sendiri dari kokpit.

Walaupun Matt merupakan seorang ahli dalam bidangnya, ternyata waktu yang dibutuhkan untuk menciptakan Mantis terbilang lama, yakni mencapai 4 tahun. Belum lagi ditambah ratusan ribu poundsterling yang dibutuhkan dalam biaya pengembangannya.

Mantis diketahui memiliki bobot 1,9 ton, tinggi 2,8 meter, dan diameter total sekitar 5 meter. Sedangkan untuk menggerakkan keenam kakinya, Matt mengandalkan mesin diesel perkins 2200 cc yang ditenagai 20 liter tanki bahan bakar.

Meski dibekali 20 liter bahan bakar, Mantis yang hanya mampu melaju dengan kecepatan maksimal 1,5 kpj tersebut ternyata bisa menempuh jarak sekitar 5 km. Untuk mengendalikannya, Matt mengandalkan pengendali berbentuk gagang yang terletak di dalam kokpit.

Dikutip detikINET dari Vr-zone, Selasa (23/4/2013), kabarnya sebuah organisasi riset maritim telah mengajukan minat kepada Mantis. Namun Matt lebih suka bila robot garapannya tersebut dipamerkan pada event ilmiah.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Paulus Site - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger